Siapa band metal favorit kamu nih, linkin park atau avenged sevenfold? Bahas masalah band metal sih kebanyakan cowok yang paling suka dengan band seperti itu. Musik metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an dengan akar dari blues rock dan psychedelic rock. Aliran musik ini ditandai dengan distorsi gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya. Ya, kalau cewek sih sukanya yang mellow aja. Buat kamu yang hobinya dengar band metal, pada tau gak nih band metal dari Afrika? Yap, di Afrika banyak lho band metal yang keren-keren seperti berikut ini:

1. Saron Gas

Band ini adalah band Alternative Metal yang dibentuk di Gauteng, Afrika Selatan pada tahun 1999. Band ini merilis satu album berjudul ‘Fragile’, pada tahun 2000 yang hanya dirilis di negara asal band ini. Pada tahun 2002 band ini akan mengganti nama mereka menjadi Seether setelah merilis album baru dan bersamaan dengan debut kedua mereka ‘Disclaimer’.

2. Voice of Destruction

Band ini terbentuk pada tahun 1986 di Cape Town, Afrika Selatan. Tema Liris tentang: Benci dan Kemarahan. Current Line Up: Greg McEwan – Guitars (1986-1999, 2009, 2014-sekarang), Diccon Harper – Bass (1988-1997, 2009, 2014-sekarang), Paul Andre Blom – Drum (1989-1990, 1991-1999, 2009, 2014-sekarang) dan Francois Breytenbach Blom – Vokal (1991-1999, 2009, 2014-sekarang).

Voice of Destruction adalah band beraliran doom metal, melodic metal. Selain itu mereka juga memiliki lagu beraliran lebih ke hardcore punk. Voice of Destruction berasal dari Cape Town, Afrika Selatan. “Death From Your TV Screen 1992” adalah salah satu lagu keren yang direkomendasikan.

3. Arcana XXII

Band ini adalah band paling langka yang merupakan band metal asal Namibia. Pada tahun 1997, band ini mengatasi banyak kesulitan dan mencatat 3 album, 2 EP dan remaster yang dirilis tahun lalu. Mereka diundang untuk bermain Wacken pada tahun 2001, sayangnya itu tidak terwujud dan akhirnya terbelah pada tahun 2004.

Lagu utama “Mordor” berasal dari album pertama band ini dan album metal pertama Namibia adalah Fallen From Grace . Ini memiliki tanda tangan Arcana XXII yang mentah dan gelap, ditambah dengan melodi melankolis dan campuran genre. Ini juga menandai kotak “fantasi” pada daftar hal-hal yang kebanyakan band metal yang memiliki kekuatan persuasi kekuatan lebih anyways dalam menyanyikannya. Band ini memiliki sejumlah besar materi secara online dan ada jalur yang sesuai dengan selera metalhead.

Band yang satu ini cukup terkenal dikalangan metalheaders disana. Jika kamu penggemar Black Sabbath, maka band Afrika yang satu ini bisa menjadi band Afrika pertama yang akan kamu sukai. Salah satu lagu keren mereka yang direkomendasikan yaitu “Ramses“.

4. Chromium

Dari aliran metalcore, Afrika juga memiliki band keren bernama Chromium. Chromium adalah band metal yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Confessions of a Hero (2008) dan Intro Spectre (2006) adalah dua album mereka yang cukup terkenal. “Set Me Free” adalah salah satu lagu yang Kordy rekomendasikan.

5. Daisuke Ishiwatari

Jika kamu mengira band ini berasal dari Jepang, maka itu salah. Walau namanya berasal dari bahasa Jepang sebenarnya Daisuke Ishiwatari adalah band yang berasal dari Johannesburg, Afrika Selatan. Daisuke Ishiwatari beraliran heavy metal, hard rock dan kadang juga rock seperti dalam video game. “Keep Yourself Alive II” lagu yang Kordy rekomendasikan.

Daisuke Ishiwatari ( Ishiwatari Daisuke , lahir 14 Agustus 1973 di Johannesburg, Afrika Selatan ) adalah seorang pengembang video game , ilustrator , musisi , komposer dan aktor suara Afrika-Jepang. Dia terkenal karena menciptakan seri game fighting 2D Guilty Gear. Dia merancang karakter dan alur cerita dan menulis musik. Dia juga menyediakan suara dalam game untuk karakter Sol Badguy dan Order-Sol serta Freed Velez di Battle Fantasia .

Ishiwatari bekerja dengan Arc System Works pada Guilty Gear pertama saat dia meninggalkan sekolah. Baru-baru ini, Daisuke bersama Yoshihiro Kusano juga menulis musik untuk BlazBlue, sekaligus melukis potret pilihan karakter untuk sekuelnya, BlazBlue: Continuum Shift dan dia juga menyusun untuk Hard Corps: Pemberontakan.

Daisuke Ishiwatari juga tercatat sebagai komposer dalam genre metal dan rock. Komposisi-komposisinya yang ditemukan dalam seri tanda tangannya, Guilty Gear tidak menampilkan lirik tapi juga permainan gitar yang rumit, seperti komposisi-komposisinya di BlazBlue. Album Guilty Gear XX di LA dan Guilty Gear XX di NY termasuk vokal untuk lagu terpilih, begitu pula tiga album dalam bahasa Jepang oleh band Lapis Lazuli.

6. Tribe After Tribe

Tribe After Tribe adalah band beraliran alternative rock asal Johannesburg, Afrika Selatan. Tribe After Tribe memiliki beberapa album yang cukup mendapat sambutan bagus, salah satunya album mereka yang berjudul Enchanted Entrance (2002). Lagu yang Kordy rekomendasikan “White boys in the jungle“.

7. Mind Assault

Salah satu band metal asal Afrika yang wajib didengarkan adalah Mind Assault. Mind Assault adalah band beraliran heavy metal atau death metal asal Cape Town, Afrika selatan. Salah satu lagu mereka yang direkomendasikan “Volksmoord“. Mind Assault adalah band yang dibentuk pada tahun 2003, namun pertama kali muncul di depan publik Oktober 2004 dengan nama Mind Assault. Anggota mereka bermarkas di Somerset West dekat Cape Town , Afrika Selatan . Mereka adalah band metal ekstrem pertama yang menggunakan bahasa asli bahasa Afrikaans dalam musik mereka, mempertahankan penggunaan Afrikaans dan bahasa Inggris yang seimbang dalam musik mereka. Penggunaan bahasa ini dihasilkan dari kesadaran yang muncul kembali di kalangan orang muda Afrikaans melalui sub-budaya alternatif yang tercermin oleh band-band seperti Fokofpolisiekar dan Kobus.

Itulah beberapa band metal dari Afrika yang mungkin para cowok-cowok belum tau, beberapa band metal ternama sempat sukses menarik minat para pendengar awam hingga menjadi fans maupun metalhead melalui karakteristik vokalis mereka. Buat kamu yang suka dengan musik metal, silahkan deh dengar lagu-lagu mereka.