Seperti yang ada ketahui, Afrika merupakan negara yang kerap dikaitkan dengan kemiskinan, kelaparan dan perangKemiskinan yang dialami oleh negara ini memang terbilang sangat ekstrim dan tidak dapat diberantas tanpa adanya transformasi struktural ekonomi benua.

Transformasi struktural sendiri merupakan prasyarat dari peningkatan, kesinambungan pertumbuhan dan penanggulangan kemiskinan, sekaligus mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Kalau berbicara tentang perekonomian, atau yang lebih spesifiknya lagi tentang pembangunan ekonomi, tentu tidak akan lepas kaitannya dari apa yang disebut dengan transformasi struktural perekonomian yang disebutkan di atas tadi.

Peranan Transformasi Struktural Ekonomi Untuk Afrika

Teori ekonomi menyatakan bahwa proses pembangunan ekonomi akan diiringi adanya perubahan struktur dari perekonomian itu sendiri. Terdapat beberapa teori misalnya dari Arthur Lewis dan Chennery yang membahas mengenai hal tersebut.

Lantas, apa sebenarnya yang berubah dari struktur perekonomian seiring dengan proses pembangunan ekonomi? Hal yang paling dapat dilihat adalah dominasi sektor dalam perekonomian.

Jika sebelumnya perekonomian didominasi oleh sektor pertanian, maka seiring dengan pembangunan ekonomi, sektor industri akan segera menggantikan dominasi sektor pertanian tersebut.

Nah, untuk mencapai tujuan tersebut, Afrika harus melakukan industrialisasi (suatu proses perubahan sosial ekonomi yang mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri). Akan tetapi hal itu juga harus dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan.

Pertemuan Untuk Membahas Pengembangan Industri Afrika

Kepala Negara, Pemerintahan Afrika dan beberapa pejabat tinggi lainnya beberapa waktu yang lalu ambil bagian dalam sebuah acara khusus, yang didedikasikan pada Pengembangan Industri Ketiga untuk Afrika (IDDA III), yang diadakan di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada bulan September 2017 yang lalu.

Tujuan Pertemuan

Acara tingkat tinggi ini dilakukan secara tertutup, dengan judul pembahasan “Dekade Pengembangan Industri Ketiga untuk Afrika (2016-2025) : Dari komitmen politik terhadap tindakan di lapangan“. Pertemuan atau acara ini bertujuan untuk mencapai enam tujuan, antara lain:

  • Mendiskusikan dan mendukung fitur utama dari program atau roadmap IDDA III.
  • Mencapai prestasi yang telah dicapai sehubungan dengan pelaksanaan IDDA III.
  • Memperkuat kemitraan strategis kolektif untuk mendukung transformasi struktural jangka panjang.
  • Disengaja dalam mekanisme pembiayaan yang inovatif untuk mendukung pelaksanaan IDDA III.
  • Mengulangi komitmen masyarakat internasional terhadap pelaksanaan IDDA III.
  • Menyoroti peran dan pentingnya revolusi data Afrika dalam mendukung IDDA III.

Sejak tahun 2000 sebenarnya benua Afrika telah mencatat tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup mengesankan. Bahkan Afrika sempat diprediksi menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat kedua di dunia. Kinerja yang luar biasa ini sebagian besar didorong oleh ledakan komoditas dan bantuan pembangunan yang berkepanjangan.

Sementara benua tersebut menunjukkan keragaman yang besar dalam lintasan sosio-ekonomi negaranya, tingkat pertumbuhan pada umumnya menutupi kekurangan transformasi struktural, yang diperlukan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan tentunya juga ramah lingkungan.

Negara-negara di Afrika berusaha mengubah struktur ekonomi negara mereka secara substansial, dengan cara meningkatkan pangsa industri, terutama dalam bidang manufaktur, investasi nasional, output nasional dan perdagangan, sebagaimana tercermin dalam Agenda 2063 Afrika dan di dalam strategi pertumbuhan ekonomi sebagian besar negara Afrika.

Manufaktur merupakan suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan, tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Istilah ini biasa digunakan untuk aktivitas manusia, mulai dari kerajinan tangan sampai ke produksi dengan menggunakan teknologi tinggi. Namun meskipun demikian, istilah ini lebih sering digunakan dalam dunia industri, dimana bahan baku diubah menjadi barang jadi dalam skala yang lebih besar.

Manufaktur ada di dalam segala bidang sistem ekonomi. Dalam ekonomi pasar bebas, manufakturing biasanya selalu berarti produksi secara massal untuk dijual ke pelanggan untuk mendapatkan keuntungan.

Upaya sebelumnya yang dilakukan untuk mendorong transformasi ekonomi yang berkelanjutan di Afrika diketahui telah gagal dan kebutuhan akan pendekatan baru sudah sangat jelas.

Yang dibutuhkan oleh negara Afrika saat ini adalah proses berbasis luas dan berbasis negara yang memanfaatkan sumber keuangan dan non-keuangan, mempromosikan integrasi regional dan memobilisasi kerjasama di antara mitra pembangunan Afrika.

Visi untuk implementasi IDDA III yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh Afrika adalah dengan tegas menunjuk Afrika menuju pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Kerangka dan roadmap untuk implementasi pendekatan baru ini akan disahkan oleh masyarakat internasional pada acara tingkat tinggi, tepatnya pada Sidang Umum Majelis Umum PBB ke 72.

Keynote speech atau ceramah utama diharapkan akan disampaikan oleh Ketua Komisi Uni Afrika. Pernyataan singkat dari peserta tingkat tinggi, termasuk African Head of State, juga dibuat. Acara atau pertemuan ini akan diikuti dengan diskusi interaktif. Acara akan dimoderatori oleh wartawan CNN, yaitu Zain Asher.

Wartawan juga diundang untuk menghadiri konferensi pers pada hari Kamis 21 September 2017 yang lalu. Informasi lebih lanjut akan dibagikan pada waktunya.

Kemitraan dan penciptaan sinergi untuk implementasi efektif IDDA III ini diharapkan dapat ditingkatkan melalui acara ini, serta peningkatan kesadaran akan model kemitraan yang ada, untuk mempercepat pengembangan industri yang inklusif dan berkelanjutan, seperti Program Kemitraan Negara UNIDO.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai pertemuan tingkat tinggi yang membahas tentang pengembangan industri ketiga negara Afrika untuk periode 2016-2025. Semoga pertemuan ini bisa menemukan atau menghasilkan keputusan yang bijaksana untuk membantu afrika keluar dari kemiskinan. Dan untuk anda, terima kasih sudah membaca artikel ini.