Boko Haram adalah sebuah organisasi radikalisme atau lebih mengarah kepada kelompok yang kerap melakukan aksi teror yang berbasis di daerah Afrika, khususnya Nigeria. Boko Haram sering disebut Jamā’at Ahl as-Sunnah lid-da’wa wal-Jihād yang didirikan oleh Mohammed Yusuf pada tahun 2002 dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam “murni” berdasarkan hukum syariah dan menghentikan hal-hal yang dianggap sebagai “westernisasi”. Semenjak kematian Mohammed Yusuf tahun 2009, Abubakar Shekau ditetapkan menjadi pimpinan Boko Haram sampai saat ini.

Kelompok ini dikenal karena menyerang orang Kristen yang semena-mena terhadap hak warga dan pemerintah, menyerang sekolah dan pos polisi, menculik turis barat dan juga membunuh anggota lembaga Islam. Kekerasan yang terkait dengan organisasi Boko Haram telah mengakibatkan tewasnya 10.000 orang di antara tahun 2002 hingga 2013 lalu.

Keterkaitan kelompok ini dengan kelompok jihad lainnya di luar Nigeria masih diperdebatkan. Menurut seorang komandan militer Amerika Serikat, Boko Haram terkait dengan Al-Qaeda. Namun, tidak ditemukan bukti adanya dukungan internasional dan serangan Boko Haram terhadap target-target internasional sejauh ini masih terbatas. Pada 13 November 2013, pemerintah Amerika Serikat menggolongkan kelompok ini sebagai organisasi teroris.

Nama Boko Haram sendiri menurut bahasa setempat berarti ‘Haramkan Pendidikan Barat’. Dan berikut ini ada lagi beberapa fakta-fakta kekejaman Boko Haram yang kami ulas hanya untuk Anda!

1. Momok Menakutkan Bagi Pemerintah Nigeria

Kelompok Boko Haram yang menginginkan Nigeria menjadi negara Islam melancarkan serangannya ke aset-aset maupun gedung pemerintahan serta kantor kepolisian pada tahun 2009 lalu. Saat ini Boko Haram mengambil alih 11 provinsi milik Nigeria.

Di wilayah ini 1,7 juta penduduk terperangkap dan tak bisa melakukan apa-apa. Boko Haram kerap melakukan sweeping dan mengambil banyak wanita untuk dijual dan dijadikan budak. Lalu 850.000 orang telah merasakan kekerasan entah berupa tembakan atau guncangan dari bom.

2. Boko Haram Melarang Semua Jenis Pendidikan, Bukan Cuma Pendidikan Barat

Boko Haram ingin membentuk negara Islam yang berlandaskan hukum syariah. Kelompok ini mendesak agar Muslim tidak boleh berpartisipasi di politik dan aktivitas sosial yang berkaitan dengan komunitas barat. Hal itu termasuk pemilu, menggunakan kaus dan mengikuti pendidikan yang dianggap sekuler bagi mereka.

Pada tahun 2014, mereka telah melakukan penyerangan dan peledakan di 50 sekolah di Nigeria. Setidaknya 100 siswa dan 70 guru meninggal dunia karena terkena ledakan dan juga tertimpa reruntuhan bangunan. Salah satu aksi paling dikutuk dari Boko Haram adalah penculikan 200 siswi dari sekolah.

Kasus ini sempat membuat geram dunia Internasional. Banyak lembaga internasional meminta Boko Haram melepaskan gadis itu. Namun protes ini tak ditanggapi, gadis itu mungkin sudah menderita sebagai budak atau bahkan mati ditembak.

3. Memperlakukan Wanita Seperti Binatang

Satu hal paling mengerikan yang bisa dilakukan oleh Boko Haram adalah memperlakukan wanita seperti binatang. Bagi mereka wanita tak ubahnya benda yang bisa memuaskan hasrat badaniah mereka hingga tuntas. Setelah itu mereka berhak memperlakukan mereka dengan sangat mengerikan. Biasanya mereka menangkap gadis-gadis untuk dijual sebagai budak yang tugasnya melayani tindakan bejat.

Tindakan mengerikan ini bahkan juga berlaku untuk istri dan anak perempuan mereka. Yang penting dari kelompok ini adalah bagaimana bertarung, menguasai wilayah lalu bersenang-senang. Selebihnya wanita tidak dianggap sebagai seseorang yang penting. Jika butuh pelampiasan mereka bisa mencarinya saat melakukan penyerangan.

4. Membunuh Tanpa Pandang Bulu

Boko Haram sangat ditakuti khususnya di daratan Afrika lantaran mereka tidak segan membunuh siapapun yang mereka temui, apalagi segala hal yang menyangkut pemerintah. Kelompok ini punya gaya serangan khas dengan menggunakan sepeda motor.

Mereka tak segan membunuh para anggota kepolisian, politisi, bahkan ulama atau pemuka agama yang berseberangan dengan kelompoknya. Dan salah satu keburukan yang layak dikutuk dari Boko Haram adalah mereka menggunakan anak-anak untuk bom bunuh diri.

5. Aksi Biadab Boko Haram di Hari Natal

Hari Natal 25 Desember 2015 silam yang diharapkan berlangsung aman, damai, tenteram dan jauh dari tindak kekerasan malah terjadi sebaliknya. Pembantaian manusia terjadi di negara bagian Borno, Nigeria, Sebanyak 14 orang tewas akibat serangan militan Boko Haram tepat pada hari Natal.

Militan Boko Haram menginvasi wilayah pedesaan Kimba di negara bagian Borno dengan berpawai menggunakan sepeda motor. Mereka menembaki penduduk setempat yang ditemui dalam perjalanan dan juga membakar rumah-rumah. Invasi tersebut mengakibatkan ratusan warga desa mengungsi.

6. Penerus ISIS di Afrika

Disadari atau pun tidak, Boko Haram mulai mengikuti jejak dari ISIS. Mereka mulai melakukan pelebaran sayap, mencari anggota sebanyak-banyaknya dan juga mencari aliran dana. Awalnya Boko Haram mengaku memiliki afiliasi dengan Al-Qaeda, namun lambat laun mereka berpindah ke lain hati dan mengikuti jejak ISIS yang saat ini sudah mulai membuat dunia jadi gempar.

Saat ini perkembangan dari Boko Haram sudah semakin hebat. Aksi-aksi yang dilakukan pun juga semakin masif. Mereka mulai menguasai beberapa wilayah di Nigeria dan berperang untuk meruntuhkan militer negara ini. Keberadaan Boko Haram di Nigeria menjadi duri tajam yang terus membuat Nigeria menuju lembah kehancuran.

Inilah 6 fakta mengerikan dari Boko Haram, teroris terkejam di Afrika. Mereka terus melakukan teror dengan sangat membabi buta hingga ribuan nyawa jadi korbannya. Menurut kamu apa yang harus dilakukan dunia Internasional untuk memberantas para teroris ini?