Afrika tidak hanya terkenal dengan suku dan tradisinya yang aneh, akan tetapi Afrika juga terkenal dengan makanan khasnya yang lezat. Kalau kamu berkunjung ke Afrika, jangan lupa cobain makanan khasnya seperti berikut ini:

Melktert

Aslinya makanan khas Afrika selatan ini adalah milk tart dan termasuk dalam beberapa jenis makanan custard tart, tetapi melktert mempunyai tekstur yang lebih halus dan lebih ringan. Biasanya melktert disajikan dengan taburan kayu manis. Makanan khas Afrika Selatan ini lebih cocok disajikan sebagai desert atau makanan penutup.

Ayam piri piri

Masakan tradisional khas Mozambik ini memiliki perpaduan rasa antara Portugis, oriental dan Arab. Diolah dengan bumbu rempah yang harum, ayam piri piri disajikan bersama saus kelapa yang gurih, kacang mete dan kacang tanah. Hidangan ini umumnya dikenal para pelancong dengan sebutan ayam panggang piri piri. Untuk menambah kenikmatannya, sajian ini dihidangkan secara tradisional bersama matapa, sepiring daun singkong yang dimasak dalam saus kacang.

Nasi jollof and sup egusi

Nasi jollof and sup egusi menjadi salah satu hidangan nasional favorit warga Nigeria. Hidangan berupa nasi pedas ini dibumbui dengan tomat, bawang dan merica dan biasa disajikan di pesta-pesta dan event perayaan lainnya. Nasi jollof sendiri umumnya disajikan bersama dengan makanan favorit Nigeria lainnya seperti sup egusi (dibuat dari biji melon dan daun pahit), pisang goreng dan ubi tumbuk.

Bunny Chow

Bunny chow adalah Makanan khas Afrika Selatan. Ini adalah salah satu sajian dari keanekaragaman budaya Afrika Selatan. Bunny Chow cukup popular dan sangat digemari, khususnya di daerah Durban yang sebagian besar penduduknya adalah keturunan India.

Bunny chow adalah Makanan cepat saji yang cocok untuk kamu yang gak punya banyak waktu. Bunny Chow adalah makanan yang terdiri dari roti yang diberi isian. Macam-macam Isian makanan khas afrika Selatan ini seperti cheese naks, tomato sauce, curry sauce dan lain-lain. Karena berbahan dasar roti makanan ini pasti cukup mengenyangkan.

Boerewors

Salah satu Makanan Khas Afrika Selatan yang cukup dibanggakan adalah boerewors, terutama oleh wisatawan mancanegara. Makanan khas afrika selatan Ini cukup aneh didengar tetapi banyak pula penggemarnya. Makanan ini adalah sosis lezat dengan bentuk yang melingkar dan ternyata terbuat dari daging ular. Selain itu bahan lain boerewors terbuat dari daging sapi yang dicincang dan campuran unik dari rempah-rempah Afrika Selatan. Makanan ini sangat cocok dihidangkan dengan penyajian barbeque.

Biltong

Makanan Khas Afrika Selatan yang ini termasuk makanan ringan. Biltong mirip dengan dendeng yang berwarna gelap dengan tekstur dagingnya yang keras dan mempunyai rasa yang sedikit asin. Biasanya makanan khas Afrika selatan disajikan dalam ukuran kecil snack dan sangat cocok untuk dinikmati sambil nonton acara televisi.

Vetkoek

Makanan Khas Afrika selatan yang satu ini juga termasuk makanan cepat saji. Vetkoek adalah salah satu makanan khas Afrika Selatan yang terbuat dari sepotong adonan dari tepung dan digoreng. Isinya pun bisa bermacam-macam, tidak harus menggunakan daging. Karena segala macam isian dengan rasa manis dan creamy juga dapat digunakan sebagai isian seperti selai dan sirup. Makanan ini cukup unik juga ya.

Koeksister

Makanan khas Afrika Selatan ini cukup mirip dengan Vetkoek. Tapi koeksister berukuran lebih kecil dibandingkan dengan vetkoek, yang membedakan makanan khas Afrika Selatan ini yaitu setelah digoreng dengan minyak goreng, koeksister dicelupkan kedalam sirup lalu makanan khas Afrika Selatan ini lebih cocok disajikan dalam keadaan dingin.

Chakalaka

Buat kamu penyuka masakan pedas, sudah pasti wajib merasakan sensasi dari sup sayur pedas khas Afrika ini. Isinya adalah beberapa macam sayuran yang terkenal dan banyak di Johannesburg. Kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan membayar kurang dari $10. Makanan ini diolah menyerupai kari yang dicampur dengan susu kental manis (amasi). Makanan ini bisanya dinikmati bersama dengan roti atau pap.

Bobotie

Makanan khas Afrika yang satu ini terdiri dari cincangan daging sapi, roti dan biji-bijian. Makanan ini merupakan salah satu masakan klasik yang telah dikenal di Tanjung Harapan sejak abad ke-17, ketika dibuat dengan campuran daging kambing. Pembuatan bobotie menggunakan jahe, marjoram dan kulit lemon pengenalan bubuk kari telah mempermudah Resep yang agak tetapi konsep dasar tetap sama.

Ulat mopane

Mopane adalah sejenis ngengat yang hanya bisa ditemukan di Afrika Selatan. Ulat mopane dianggap sebagai makanan unik yang nikmat. Ulat dikumpulkan di alam liar, dipencet dan diremas lalu buang cairan yang ada di dalam ulat. Setelah dipencet, ulat kemudian dikumpulkan dan dikeringkan di bawah sinar matahari atau dengan proses pengasapan untuk menambah cita rasa.

Ulat kering ini kemudian dimakan mentah sebagai snack atau direndam dulu dan kemudian dimasak dengan sayuran. Menurut mereka yang pernah memakan, rasanya tidak jauh berbeda dari daun teh hijau. Nah, kenapa tidak makan daun teh hijau saja?

Nah, itulah makanan khas dari Afrika yang enak dan lezat pastinya, tapi makanan yang terakhir itu gimana ya hmm. Mau gak sih kamu nyobain makanan tersebut? Kalau saya sih gak mau ya, hehehe.